6 Tips Unik Agar Anak Mau Makan

6 Tips Orang Tua Agar Dapat Mengundang Rasa Lapar Anak-Tips Unik Agar Anak MauMakan

 6 tips agar anak mau makan [lensaglobe.blogspot.com]

Adakah anak yang tidak pernah lapar?

Secara logika sepertinya mustahil. Tetapi kenyataannya, hal itu sering dihadapi orang para orang tua zaman sekarang yang tidak dapat membuat anak mereka makan lengkap tiap harinya. Butuh extra sabar dalam membimbing anak agar mau makan. Terutama oleh seorang ibu, dalam perkembangan anak seorang ibu sepantasnya mengajarkan anak semua hal positif. Termasuk pola makan yang teratur.

Pada postingan kali ini, Lensaglobe.blogspot.com akan memaparkan 6 tips para orang tua agar anak mereka ingin makan dan tentunya selalu mengundang rasa lapar mereka:

11.    Menciptakan Suasana makan yang menyenangkan
Begitu pentingnya penciptaan suasa, kadang bahkan menjadi lebih penting dari makanan yang harus disediakan. Perasaan ‘lapar’ bisa terjadi karena perut benar-benar kosong. Tetapi rambu-rambu perasaan itu di teriakan oleh otak, dipicu oleh timbulnya emosi dan keinginan anak. Padahal lambung sebenarnya dalam keadaan penuh.
            Emosi anak pun sangat bergantung pada suasana yang ada saat acara makan itu berlangsung. Manakala anak menghadapi makanan dalam suasan hati ceria, maka dengan mudah emosi kegembiraannya ini memacu otak mengeluarkan sinyal ‘lapar’.

22.      Memahami Perasaan
Kalau seorang anak mengeluh, “Sayurnya enggak enak mama”, kemudian apa yang kita rasakan sebagai orang tua?? Apakah kita berpikir anak tersebut mencari alas an agar tidak makan?
Barangkali perasaan kita tadi ada benarnya, tapi sebaiknya kita tetap tidak menepis begitu saja kenyaan, bahwa anak memang tak suka sayur karena tidak enak. Akan lebih baik jika memberika respon bahwa kita mau mengerti perasaan mereka seperti memberikan komentar-komentar empati pada mereka.

33.      Kreatifitas Menu Makanan Istimewa
Kreatifitas mengolah makanan sangat besar pengaruhnya dalam menumbuhkan selera makan anak. Seorang anak bisa saja tidak suka makan tumis kangkung. Tetapi jika beberapa lembar daun kangkung dipotong halus, dicampur dengan telur, sedikit terigu, garam, merica, dan daun bawang, kemudian didadar dan di tabor bawang goring diatasnya, bisa menjadi menu kesukaan mereka.

44.      Jadwal Makan Baik dan Teratur
Pagi hari, sebelum anak pergi ke sekolah, mestinya mereka sudah memasukkan sarapan padi ke dalam perutnya terlebih dahulu. Tetapi nyatanya, justru di saat itulah anak merasa paling malas berhadapan dengan makanan. Sebagai awalannya, orang tua harus menhadirkan sarapan pagi yang bergairah dan m=berwarna serta yang terbaik sehingga anak akan tergiur untuk memakannya. Jika anak sudah terbiiasa sarapan, barulah di biasakan dengan makanan yang biasa saja, tidak mewah dan berwarna.

55.      Pembiasaan Sejak Kecil
Yang perlu diingat, di usia kanak-kanak, mereka sering mengalami kebosanan. Ada kalaya selama beberapa saat anak benar-benar tak mau makan bubur atau nasi, tetapi hanya mau makan biscuit. Menghadapi saaat-saat seperti ini orangtua tak perlu cemas. Yang harus dilakukan adalah terus berusaha membujuk, dengan kian memperbanyak kreatifitas dalam penciptaan suasana makan serta dalam pengaturan manu makan.

66.      Menceritakan Kisah dan Dongeng Seputar Makanan
Ini merupakan tips terakhir yang Admin Lensaglobe.blogspot.com paling sarankan. Ada banyak cerita tentang sayur mayur yang menarik untuk dibacakan kepada anak anda disela-sela waktu bermainnya. Ada pula lagu-lagu yang bisa dinyanyikan bersama untuk memotivasi anak agar menyukai acara makan.

Sekian artikel menarik seputar 6 Tips Unik agar Mengundang Rasa Lapar Anak oleh admin Lensaglobe.blogspot.com. Semoga dengan artikel ini orang tua khusunya para ibu semakin giat untuk mendidik anak mereka akan pentingnya makan.


Semoga Bermanfaat…..Sampai bertemu di artikel-artikel unik dan menarik lainnya dari Lensaglobe.blogspot.com





Previous
Next Post »

Aturan untuk berkomentar bagi para blogger sejati:
1. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA, pornografi atau hal-hal diskriminatif
2. gunakan bahasa yang baik yah
3. Komentar SPAM otomatis akan terhapus EmoticonEmoticon

Pasang Iklan lensaglobe.com