Asal Mula Nama Bulan Pada Kalender Masehi Part 2

Lensa Globe – KEMBALI lagi dengan ane gan Lensa Globe dengan update terbaru mengenai asal mula nama bulan pada kalender tahun masehi. Jika ada sobat yang belum baca mengenai asal mula nama bulan pada kalender masehi part 1 klik aja DISINI.

Langsung aja sobat, sesuai janji ane kemarin, sekarang Lensa Globe akan mengulas tentang asal mula dari nama bulan di kalender masehi dari bulan JULI – DESEMBER.

Check it out:

JULI
kaisar quintilis juli



Bulan ketujuh ini pada mulanya bernama Quintilis dan aslinya terletak pada urutan kelima. Tetapi ketika Roma dikuasai oleh Mark Anthony nama bulan itu dirubah menjadi Juli, diambil dari nama Julius Caesar sebagai penghormatan kepada Kaisar Romawi yang terkenal itu. Tidak disebutkan apakah Mark Anthony juga memindahkan urutan bulan juli ini menjadi ke 7 ini.

AGUSTUS
                                                kaisar agustus
Agustus. Seperti halnya bulan ketujuh, bulan kedelapan ini berasal dari nana Kaisar Romawi yaitu Agustus, bahkan dia sendiri pula menempatkan namanya itu dalam kalender tersebut. Untuk kekuasaanya dia merubah jumlah hari, mengurangi jumlah hari pada bulan Februari, lalu menambahkannya pada bulan kedelapan itu. Itu sebabnya bulan Februari menjadi bulan paling sedikit jumlah harinya.

SEPTEMBER

September berasal dari kata Septa, bahasa Latin berarti tujuh. Pada mulanya bulan September memang berada pada urutan ke tujuh kalender Julian. Tetapi ketika pada abad kedelapan sebelum Masehi, pembagian tahun diubah dari 10 bulan menjadi 12 bulan, tanpa merubah namanya terlebih dahulu, bulan September ditempatkan diurutan kesembilan dan berlaku sampai saat ini.

OKTOBER

Sebagimana halnya dengan bulan September, bulan Oktober juga mengalami nasib serupa. Namanya berasal dari kata Okto, bahasa Latin yang berarti delapan. Semula berada diurutan kedelapan dan bergeser ke urutan sepuluh mengikuti pergeseran bulan-bulan : September, November dan Desember. Belum ada gagasan untuk memperbaiki arti kata dengan kesesuaian urutan dari nama-nama bulan tersebut.

NOVEMBER

Mengikuti urutan bilanagn Latin, November berasal dari kata Novem ang berarti Sembilan. Sebelum diadakan pembaharuan di jaman Julius Cesar, bulan November hanya mempunyai 29 hari, bukan 30 hari seperti yang dikenal dewasa ini. Orang inggris Kuno menyebut November sebagai ‘bulan berdarah’ karena musim pembantaian terjadi menjelang musim dingin pada bulan ini.

DESEMBER

Baik pada zaman Romawi Kuno mupun pada Zaman modern sekarang ini, bulan Desember merupakan bulan terakhir dari penanggalan setahun. Desember berasal dari kata Decem yang berarti kesepuluh oleh bangsa-bangsa yang hidup di Negara belahan bumi sebelah Utara, bulan Desember dikenal sebagai ‘bulan suci’ karena semua negeri ditutupi oleh salju dan es yang memutih sepanjang hari.

Ternyata itu dia tadi asal usul dari nama bulan pada kalender Masehi yang kita kenal saat ini. Untuk yang belm baca artikeln PART 1 klik aja DISINI sobat, Semoga bisa menambah wawasan sobat semua.

Jangan lupa tinggalkan komentar yah :-)


Salam |Lensa Globe|
Previous
Next Post »

Aturan untuk berkomentar bagi para blogger sejati:
1. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA, pornografi atau hal-hal diskriminatif
2. gunakan bahasa yang baik yah
3. Komentar SPAM otomatis akan terhapus EmoticonEmoticon

Pasang Iklan lensaglobe.com