Asal Usul Nama Bulan Pada Kalender Masehi

Lensa Globe – MASEHI merupakan tanggal tahun yang sebagian besar orang dunia pakai termasuk di Indonesia yang mayoritas beragama islam, tahun masehi sudah dijadikan tahun atau tanggalan nasional dan sudah barang tentu menjadi tahun semua orang didunia.

Diluar dari itu, kali ini Lensaglobe.blogspot.com akan mengulas tentang asal usul nama bulan ditahun masehi yang pasti sobat Lensaglobeada yang belum tahu. Untuk PART 2 klik DISINI sobat

Check it out aja gan:

JANUARI

                              dewa janus - januari

Kata januari diambil dari nama dewa bangsa Roma yaitu dewa dengan dua wajah bernama Jenus. Kedua wajah yang bertolak belakang, satu menatap ke depan dan satunya menatap belakang. Ini dianggap sebagai perlambangan tatapan masa lalu dan pandangan ke masa datang. Janus yang akhirnya menjadi Januari sampai saat ini dijadikan bulan untuk mengevaluasi diri sebagai pemisah tahun lalu dan tahun baru.

FEBRUARI

                               februa - festival romawi kuno

Februari berasal dari kata Latin yaitu Februa, suatu istilah untuk pesta penyucian yang diselenggarakan oleh bangsa Romawi kuno pada tiap tanggal 15 februari. Bulan ini adalah bulan yang paling sedikit jumlah harinya yaitu 28 hari pada tahun biasa dan 29 hari pada tahun kabisat. Tahun kabisat datang 4 tahun sekali untuk mengimbangi kekurangan dan kelebihan akibat hitungan hari dalam setahun yang tidak bulat yaitu 365 hari 5 jam 48 menit dan 46 detik.

MARET

                                        dewa mars romawi kuno

Maret berasal dari kata Mars nama dewa perang bangsa Romawi Kuno yang sangat terkenal karena kegarangan dan keberaniannya yang tiada tara. Awalnya bulan Maret adalah bulan pertama yang ada dalam kalender Masehi, namun masih belum ada yang tahu nih sobat Lensaglobe kenapa malah menjadi bulan ke 3 dari tahun Masehi ini.

APRIL

                           dewi Aphrodite

Asal nama bulan ke empat ini masih belum disepakati secara pasti. Sebagian besar mengatakan bahwa April berasal dari kata Aphrodite, yang berarti Dewi Cinta. Agak mendekati kebenaran jika dilihat dari asal kata Aperire yang berarti membuka, Pikiran ini muncul karena orang Yunani menyebut musim semi yang dimulai bulan April dengan istilah pembukaan.

MEI

                                          festival maid marian dan robin hood dunia

Kata Mei diperkirakan diambil dari istilah Mala Majesta, dewa musim semi. Musim semi disambut meriah dengan festival-festival oleh banyak rakyat Eropa. Gadis tercantik dan pria tertampan dipilih untuk dinobatkan menjadi raja dan ratu yang akan memimpin tari-tarian dalam festival itu. Di Inggris tradisi ini masih kerap dilakukan tiap bulan Mei, ratu tersebut Maid Marian dan sang raja Robin Hood.

JUNI

                                         dewi juno, dewi juni

Kata Juni berasal dari kata Juno, nama dewi Feminim yang melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagiaan keluarga, Bagi sebagian kalangan, terutama masyarakat Eropa bulan Juni dianggap bulan paling baik untuk melangsungkan pernikahan. Mereka percaya bahwa melangsungkan pernikahan di bulan Juni akan membawa kebahagiaan bagi pasangan pengantin dan keturunannya.

Untuk 6 bulan selanjutnya JULI – DESEMBER silahkan KLIK DISINI sobar

Tetap pada Artikel terbaik Lensa Globe.


Salam |Lensa Globe|
Previous
Next Post »

Aturan untuk berkomentar bagi para blogger sejati:
1. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA, pornografi atau hal-hal diskriminatif
2. gunakan bahasa yang baik yah
3. Komentar SPAM otomatis akan terhapus EmoticonEmoticon

Pasang Iklan lensaglobe.com