Hal Unik Yang Terjadi Selama Peryaan Imlek 2015

GONG-XI-FA-CHAI Buat Sobat Globemud Tionghoa di seluruh dunia
Hari ini, tepatnya tanggal 19 Februari 2015 semua masyarakat tionghoa di seluruh dunia merayakan tahun baru imlek. Perayaan tahun baru imlek dimulai dari hari ini sampai dengan perayaan cap go meh di hari ke 15 ke depan.
Postingan kali ini saya akan menjabarkan mengenai hal - hal unik yang sering di lakukan warga tionghoa di Indonesia yang saya dapat sumber febryansyah. Untuk lebih jelasnya, akan saya jabarkan dan asal usul mengapa hal unik ini dilakukan.

Check It Out : 
1. Lentera merah yang digantung dimana - mana

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Tradisi ini berkaitan dengan masa Dinasti Ming. Pada saat itu, Li Zicheng, seorang pemimpin pemberontak memersiapkan diri untuk menguasai Kota Kaifeng. Agar penyerangan tidak mengganggu rakyat jelata, Li memerintahkan rakyat untuk menggantung lentera merah di pintu rumahnya sebagai tanda. Namun malangnya, saat itu terjadi banjir.

Penduduk lari ke atap rumah untuk menyelamatkan diri sambil membawa lentera merah. Dari kejauhan, Li melihat rakyatnya karena cahaya lentera merah tersebut dan memerintahkan prajuritnya untuk menolong mereka. Sejak itulah, untuk memperingati kebaikan hati Li, bangsa Tionghoa selalu menggantung lentera merah pada setiap perayaan penting, salah satunya Tahun Baru Imlek.

2. Tidak boleh menggunakan sapu

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Menurut legenda, pada zaman dahulu ada seorang pedagan bernama Ou Ming yang selalu berpergian menggunakan perahu. Suatu hari, saat ia sedang berlayar tiba-tiba badai menghadang. Ia terdampar di sebuah pulau dan perahunya rusak berat sehingga tidak dapat dipakai. Ou kemudian ditolong oleh Qing Hongjun, penghuni pulau tersebut. Qing menjamu Ou dengan hangat, kemudian berniat memberikan kenang-kenangan kepada Ou. Ou kemudian meminta Ru Yuan, pelayang cantik yang bekerja di rumah Qing.

Qing awalnya ragu, namun akhirnya ia memberikan Ru Yuan beserta satu peti permata. Namun Ou ternyata berniat jahat, ia berniat memiliki semua permata itu sendiri. Ia merayu Ru Yuan agar memberikan kunci peti permata itu. Akhirnya, kunci itu diberikan. Sejak saat itu perlakuan Ou terhadap Ru Yuan semakin kasar. tidak tahan, ia pun lari namun hampir berhasil tertangkap Ou. Ru Yuan melihat sebuah sapu bersandar di pohon, kemudian ia memutuskan untuk menghilang ke dalam sapu. Saat ia menghilang, semua harta yang di rumah Ou pun turut hilang. Karena itulah, saat menyambut tahun baru Imlek, orang Tionghoa akan membersihkan rumahnya kemudian menyembunyikan sapu, dengan harapan semua hal yang tidak diinginkan hilang tersapu.

3. Harus membunyikan petasan:

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Menurut legenda Tionghoa kuno, zaman dahulu di atas rumpun pohon bambu hidup mahluk aneh dinamakan Mahluk Gunung. Mahluk aneh ini pendek, hanya memiliki satu kaki, dan dikenal suka mengganggu penduduk desa. Suatu hari, karena kedinginan, penduduk desa membakar bambu dalam perapian.

Mahluk gunung pun muncul tiba-tiba dan menyerang mereka. Namun saat kekacauan terjadi, potongan bambu yang berada di perapian meletus dan menakut-nakuti para mahluk gunung ini. Sejak itulah, tradisi membunyikan petasan dilakukan, terutama saat malam Tahun Baru Imlek.

4. Tidak boleh potong rambut atau kuku

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Menurut nenek moyang tionghoa, ketika imlek tidak diperbolehkan untuk memotong rambut atau kuku selama perayaan imlek, jadi biasanya warga tionghoa harus memotong rambut atau kukunya sebelum imlek di rayakan.

5. Barongsai atau Liong naga

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Ketika Tahun Baru Imlek pasti loe sering melihat atraksi Barongsai atau liong naga atraksi ini merupakan tradisi yang harus dilakukan karena Barongsai atau liong naga merupakan simbol keberuntungan.

6. Angpao:

Hal Unik Selama Peryaan Imlek 2015 : lensaglobe.com

Nah ketika hari raya imlek tiba yang tidak bisa dilepaskan adalah memberi Angpao, Angpao sendiri adalah amplop yang berisi uang namun tidak sembarangan lho orang memberi Angpao hanya orang yang sudah menikah yang boleh memberikan Angpao.


Sumber : febryansyah.com ; lensaglobe.com ; 19 Februari 2015
Previous
Next Post »

Aturan untuk berkomentar bagi para blogger sejati:
1. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA, pornografi atau hal-hal diskriminatif
2. gunakan bahasa yang baik yah
3. Komentar SPAM otomatis akan terhapus EmoticonEmoticon

Pasang Iklan lensaglobe.com