8 Hal yang Pasti Kamu Temukan Saat Hari Raya Idul Fitri

Lensa Globe - Hari raya Lebaran memang jadi momen yang paling dinantikan oleh setiap umat muslim yang ada di seluruh dunia. Selain merupakan hari kemenangan karena telah menjalani puasa selama sebulan lamanya, momen Lebaran sering dijadikan sebagai saat yang tepat untuk kumpul dengan keluarga besar yang mungkin sudah sejak lama tidak bertemu untuk saling bersilaturahmi dan temu kangen. Pokoknya, Lebaran jadi hal yang istimewa deh! Maka itu sebisa mungkin, hari Lebaran yang cuma setahun sekali itu betul-betul dimanfaatkan sepenuhnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain kumpul bareng keluarga, Lebaran juga menyimpan banyak hal berkesan yang tentunya cuma ada saat Idul Fitri dan bikin kita pengen cepat-cepat kembali merayakan Lebaran di tahun berikutnya. Kira-kira hal apa aja ya yang cuma ada saat Idul Fitri? Tanpa menunggu lama, langsung kita simak aja di bawah ini gan tentang Hal yang Dapat kita Temui Saat Lebaran Tiba.

Bukan Lebaran namanya kalau tanpa ketupat, opor ayam plus sambal goreng ati

 

Yang satu ini memang jadi makanan wajib dan pasti ada di setiap rumah yang merayakan Lebaran. Pastinya kamu gak akan mampu menolak rasa gurih dan lezat dari menu utama saat Lebaran ini. Bahkan gak jarang kita bisa tambah beberapa piring lagi saat menyantap ketupat lebaran. Selain sajian ketupat dan teman-temannya, beragam aneka kue kering dalam toples juga biasanya tersedia di sudut ruangan, yang bikin kita gak tahan untuk mencicipinya dan akhirnya nambah-nambah lagi deh. Bye bye diet! Hehe.

Yang paling penting saat Lebaran, yaitu saling bermaaf-maafan

 

Nah, ini dia nih momen yang bisa dibilang paling mengharukan saat Lebaran, yakni bermaaf-maafan dengan keluarga, sanak saudara, dan teman. Kenapa mengharukan? Karena biasanya saat giliran minta maaf dengan cara salim atau sungkem kepada orang yang lebih tua, tanpa disadari air mata mengalir dengan sendirinya mengingat kesalahan yang pernah dilakukan dulu. Tapi, ada rasa lega setelah momen bermaaf-maafan selesai. Kehangatan juga mulai semakin terasa dan saat itu lah yang membuat momen Lebaran semakin berkesan. Moment bermaaf-maafan juga bisa kita lihat saat baru selesai shalat ied gan, biasanya kita akan berkeliling saling bersalaman dengan masyarakat kita sambil menebarkan senyuman gan. Kayak di tempat saya di kembang sari, lombok timur sih biasanya gitu, tapi di lain-lainnya agak beda kali yak :D

Parade bedug dan lampion keliling

 

Pemandangan bedug keliling yang biasa dibawa dengan menggunakan gerobak menjadi hal yang ada saat Idul Fitri tiba. Biasanya parade bedug ini dilakukan oleh anak-anak kecil dengan semangat 45 nya sebagai tanda kemenangan setelah menahan nafsu selama sebulan berpuasa. Biasanya, parade bedug ini dilakukan saat malam takbiran tiba. Maka gak heran kalau malam takbiran menjadi berbeda dengan malam biasanya karena diramaikan dengan suara irama bedug. Seperti malam lebaran di lombok timur ini nih gans, saat malamnya tiba, semua perwakilan daerah di setiap masjid berkumpul membawa lampion mereka (replika masjid), mereka berkeliling sambil memamerkan lampion-lampion terbaik dari daerah mereka masing masing gan.

Suara takbir yang bergema dimana-mana

 

Selain suara bedug, malam takbiran juga semakin lengkap dengan adanya gema takbir yang berkumandang di seluruh penjuru kota dan desa. Sama halnya seperti bedug keliling, biasanya takbiran ini dilakukan oleh anak kecil atau remaja yang berbondong-bondong naik mobil bak terbuka yang dibagian belakangnya dipasang speaker lengkap dengan bedug. Suara takbiran terasa sangat begitu riang dan bersemangat, tentu saja sebagai tanda untuk menyambut Lebaran keesokan harinya.

Bunyi petasan dan kembang api yang menggelegar

 

Suara petasan dan kembang api gak cuma ada saat menyambut tahun baru saja, tapi juga saat menyambut Idul Fitri sebagai pelengkap kemeriahan. Meskipun bermain petasan ini dilarang, namun faktanya tetap saja masih banyak yang bermain petasan saat Lebaran tiba. Petasan yang dapat membahayakan kita ini selalu saja terdengar kan sobat, bahkan di lapangan tugu selong lombok ini kita bisa menyaksikan suara dan ramainya petasan berterbangan dimana-mana.

Yang paling dinanti dan diharapkan, salam tempel alias uang THR

 

Saat Lebaran tiba bisa jadi ini juga yang dinantikan, yaitu waktunya penggemukan dompet. THR atau Tunjangan Hari Raya yang biasanya diberikan saat bersilahturahmi. Hal ini lah yang paling ditunggu-tunggu ama anak muda zaman sekarang gans, apalagi teman teman ane yang ada di lombok paling demen banget kalau ada ginian waktu lebarannya. THR berupa uang biasanya disimpan dalam sebuah amplop untuk anak-anak kecil atau remaja yang belum bekerja. Kalau sobat globemud masih dapat gak nih? Atau sekarang gantian kamu yang ngasih THR? Hehe.

Pakai baju baru saat Lebaran

 

Ini dia alasan kenapa pusat perbelanjaan selalu ramai saat menjelang hari raya, karena banyak orang berburu baju baru untuk Lebaran nanti. Biasanya baju baru gak hanya sekedar untuk bergaya saja, tapi juga sebagai tanda kemenangan dan lahirnya hati yang baru. Tapi, sebenarnya Lebaran gak harus selalu menggunakan baju baru kok Toppers. Cukup mengenakan busana yang rapi dan bersih saja juga lebih dari cukup. Asalkan hati dan iman kita baru dan pastinya lebih bersih.

Siap-siap ditanya “Kapan nikah?”


Ini dia saat-saat paling menegangkan, khususnya buat kamu yang masih bertarung melawan status jomblo. Pertanyaan “Kapan nikah?” “Mana pacarnya?” dan pertanyaan sejenis lainnya seringkali menjadi pertanyaan utama saat kumpul keluarga di hari Lebaran. Lebih baik persiapkan cara ampuh untuk menjawab pertanyaan tersebut. Saran dari admin lensaglobe.com untuk menjawab pertanyaan itu gak lain, yaitu lagi cari pasangan!

Itu dia beberapa hal yang biasanya cuma ada saat hari raya Lebaran dan pastinya momen tersebut meninggalkan kesan di hati yang bikin kamu ingin selalu kembali ke masa-masa Lebaran  kan sobat globemud, sekian dulu nih dan besok tanggal 6 Juli 2016adalah hari raya idul fitri saya selaku admin mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan mohon maaf lahir dan batin :)

sumber : google.com ; lensaglobe.com ; 5 Juli 2016

Previous
Next Post »

Aturan untuk berkomentar bagi para blogger sejati:
1. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA, pornografi atau hal-hal diskriminatif
2. gunakan bahasa yang baik yah
3. Komentar SPAM otomatis akan terhapus EmoticonEmoticon

Pasang Iklan lensaglobe.com